Headline News

header-int

Sosialisasi Pencegahan Kebakaran di Puskesmas Tarusan

Selasa, 11 Feb 2020, 09:19:06 WIB - 67 | Redo Febri
Sosialisasi Pencegahan Kebakaran di Puskesmas Tarusan

Tanggal 3 Febuari 2020, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran di Puskesmas Tarusan Kecamatan Koto XI Tarusan. Sosialisasi ini di ikuti seluruh staf dan kariawan yang beradi di lingkup Puskesmas Tarusan. Anggota Pemadam Kebakaran menerangkan pelatihan dan simulasi yang diberikan tersebut, meliputi bagaimana cara memadamkan api dengan perlengkapan yang ada di rumah, seperti handuk atau goni basah.

Adapun beberapa hal  yang disosialisasikan  kepada masyarakat :

  • Cara mengunakan APAR
  1. Tarik kunci pengaman atau segel.
  2. Pegang bagian ujung selang dan arahkan ujung selang ke sumber api.
  3. Tekan tuas.
  4. Kibaskan ujung selang pada sumber api secara perlahan sampai api padam.
  • Cara Memadamkan Api Dengan Karung Basah
    1. Masukkan seluruh bagian karung goni kedalam air. Peganglah karung menutupi tangan, posisikan karung disamping tubuh agar tidak menutupi pandangan, berjalanlah menuju sumber api dengan tidak melawan arah angin.
    2. Setelah sampai di sumber api, posisikan karung didepan barang yang terbakar dengan tidak melawan arah angin, anda posisi anda harus berlindung dibalik karung.
    3. Selanjutnya posisikan satu kaki kedepan, dan tutuplah kobaran api secara perlahan, jangan anda lemparkan karung goni basah yang anda pegang.
    4. Kemudian karung basah tadi usap-usapkan pada bagian benda yang terbakar agar api cepat padam oleh air yang menempel di karung.
    5. Setelah sekiranya api padam, angkatlah karung dengan posisi tangan yang memegangi tertutup karung seperti cara nomor 1. Ulangi cara-cara diatas sampai api benar-benar mati dan padam.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Jl. H. Agus Salim Painan.
© 2020 Satuan Polisi Pamong Praja. Follow Me : Facebook Youtube